Pages

Senin, 12 Maret 2012

Penalti Futsal

PERATURAN 15 – TENDANGAN PINALTI 


 Tendangan pinalti diberikan terhadap tim yang melakukan pelanggaran yang dihukum dengan tendangan bebas langsung, di dalam daerah pinaltinya sendiri dan ketika bola dalam permainan. Gol dapat dicetak secara langsung dari tendangan pinalti. Diperkenankan waktu tambahan untuk tendangan pinalti yang akan dilakukan pada akhir setiap babak atau pada akhir setiap periode perpanjangan waktu.  

POSISI BOLA DAN PARA PEMAIN

 Bola : Bola ditempatkan di titik pinalti. Pemain yang mengambil tendangan pinalti: Teridentifikasi dengan benar Penjaga gawang tim bertahan: Tetap berada pada garis gawangnya, menghadap ke penendang, diantara kedua tiang gawang, di bawah palang gawang hingga bola telah ditendang. Posisi pemain lain selain penendang: Tetap berada didalam lapangan. Diluar daerah pinalti Dibelakang atau di samping titik pinalti. Paling kurang berjarak 5 meter dari titik pinalti. 

 PROSEDUR 
Pemain yang melakukan tendangan pinalti menendang bola ke arah depan. Pemain yang melakukan tendangan pinalti tidak boleh memainkan bola untuk kedua kali hingga bola disentuh/menyentuh pemain lainnya. Bola dalam permainan dan setelah bola ditendang dan bergerak kearah depan. Ketika dilakukan tendangan pinalti terjadi selama pertandingan normal dilakukan atau dengan waktu perpanjangan baik setengah babak maupun penuh, untuk melakukan tendangan pinalti atau tendangan pinalti diulang, sebuah gol diberikan atau dikatakan sah jika sudah melewati kedua tiang gawang dan dibawah palang gawang. Bola menyentuh salah satu tiang gawang, atau kedua tiang gawang atau palang gawang dan atau penjaga gawang. 

 PELANGGARAN DAN SANGSI 
1. Jika seorang pemain dari tim yang bertahan melanggar peraturan ini maka:
  •  Tendangan diulang, jika tidak tercipta gol 
  •  Tendangan tidak diulang, jika tendangan tercipta gol. 
 2. Jika rekan tim pemain yang melaksanakan tendangan melanggar peraturan ini
 maka:
  •  Tendangan diulang, jika tercipta gol.
  •  Wasit menghentikan permainan dan memulai kembali permainan dengan tendangan bebas tidak langsung untuk tim bertahan, dilaksanakan dari tempat dimana bola berada (saat itu) ketika pelanggaran terjadi, jika tidak tercipta gol.

 3. Jika pemain yang melaksanakan tendangan melanggar peraturan tendangan pinalti ini, setelah bola berada dalam permainan maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan, dilaksanakan dari tempat dimana pelanggaran terjadi. 
Kecuali tendangan terjadi didalam daerah pinalti, yang mana tendangan bebas tidak langsung dilaksanakan dari garis daerah pinalti pada tempat yang terdekat dimana pelanggaran terjadi. 

4. Jika pemain dari tim bertahan dan pemain dari tim penyerang melakukan pelanggaran dari peraturan ini maka tendangan pinalti diulang.

5. Jika bola mengenai sesuatu (benda) setelah disentuh/ditendang ke depan maka tendangan diulang. 

6. Jika bola mantul kedalam permainan dari penjaga gawang, dari palang gawang atau dari tiang gawang dan kemudian mengenai sesuatu (benda) maka wasit hentikan permainan (sementara) kemudian dimulai kembali permainan dengan menjatuhkan bola (dropped ball) pada tempat dimana bola mengenai sesuatu (benda).

0 komentar:

Posting Komentar