Pages

Rabu, 14 Maret 2012

Kamus Futsal H-N

———H———————— 
Half Finger 
 Salah satu jenis sarung tangan yang terbuka pada bagian ujung jari, sehingga daya cengkram terhadap bola tidak berkurang. 
Handling 
Salah istilah bagi kiper yang mengartikan kemampuan dalam menangkap bola.
 Hands Ball 
 Salah satu bentuk pelanggaran dalam olahraga futsal, dimana ini terjadi ketika pemain menyentuh bola baik sengaja atau tidak dan tangan dalam keadaan aktif.

———I———————— 
Indirect Free Kick (Tendangan Bebas Tidak Langsung) 
 Salah satu keputusan wasit dalam memberikan tendangan bebas. Dimana penendang tidak boleh melakukan shoot langsung ke gawang dan apabila bola masuk karena shooting langsung tanpa menyentuh pemain lawan atau tanpa terlebih dahulu melakukan operan ke teman maka jika masuk ke gawang tidak dianggap GOL. Pada peraturan terbaru dari FIFA, tendangan kick off tidak lagi langsung. 
Interlock 
 Istilah untuk menyebut jenis lapangan futsal yang menggunakan bahan plastik dan berbentuk puzzle. Indoor (Dalam Ruangan) 
 Lapangan futsal yang berada di dalam gedung atau ruangan.

 ———J———————— 
Jersey (Kostum) 
Sebutan untuk kostum tim, dan kostum kiper haruslah berbeda dengan kostum pemain biasanya dibedakan dari segi warna.

———K———————— 
KasPer (Komunitas Kiper Futsal Kaskus) 
 Salah satu komunitas di Kaskus yang anggotanya berisikan kiper-kiper futsal. Banyak info ilmu serta tips tentang kiper futsal disini.
Kick In (Tendangan Ke dalam) 
 Tendangan yang dilakukan ketika bola meninggalkan area samping lapangan (Out). Tendangan ini harus dilakukan dalam keadaan bola diam, tidak memantul, serta posisi bola tepat pada garis. Dan jangan lupa posisi penendangan dan kaki harus berada di luar lapangan. 
Kick Off 
 Tendangan memulai pertandingan dari titik tengah lapangan. Dan berdasarkan peraturan FIFA terbaru, tendangan kick off saat ini bersifat indirect kick dan passing dari kick off harus mengarah ke daerah lawan tidak boleh ke belakang/daerah sendiri. 
Knee Pad (Pelindung Lutut) 
Perlengkapan kiper futsal yang menurut saya wajib dimiliki. Karena dalam futsal, lutut kita akan sering melakukan benturan dan gesekan terhadap lapangan dimana hal ini bisa menyebabkan cedera. 
Knee Support  
Perlengkapan kiper yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan Knee Pad, namun tanpa busa. Juga bisa digunakan untuk pemain yang menderita cedera pada lututnya. 

———L———————— 
L Position 
Posisi yang biasa dilakukan oleh kiper futsal ketika berada dalam posisi one on one dengan pemain lawan. Dimana posisi lutut dari salah satu kaki turun seperti hendak menyentuh lapangan dan tangan direntangkan kesamping tubuh. 
Latex 
 Merupakan istilah penyebutan bahan permukaan pada telapak sarung tangan kiper (gloves). 
Last Man Standing 
 Sebutan untuk seorang kiper, dan biasa menjadi moto dari TS sekaligus pendiri dari Komunitas Kiper Futsal Kaskus (KasPer) itsRalp 

———M———————— 
Man Of The Match 
Award yang diberikan kepada pemain yang telah tampil maksimal dan memberikan kontribusi maksimal bagi tim-nya dalam suatu pertandingan. 
M Position 
 Salah satu posisi lain yang biasa dilakukan kiper ketika one on one. Dimana posisi kaki merapat dan tubuh direndahkan dan tangan direntangkan ke kanan dan ke kiri seperti kaki pada huruf M. 

———N————————
http://www.kiperfutsalpost.net/

0 komentar:

Posting Komentar